Mengenal Pondok Abi Bahrun Madinatul Jannah, Pondok Wali Kota Dr. Maidi yang Diwakafkan Untuk Kegiatan Masyarakat




MADIUN – Kalau melewati Jalan Merpati, Kelurahan Nambangan Lor Kota Madiun, tepatnya di depan kediaman pribadi Wali Kota Madiun, Dr. Maidi, berdiri sebuah pondok pesantren megah. Pondok itu bernama Abi Bahrun Madinatul Jannah. Ya, pondok milik Wali Kota Dr. Maidi itu tak pernah sepi untuk berkegiatan keagamaan sejak diresmikan. Wali Kota Dr. Maidi memang mewakafkan pondok itu untuk masyarakat.

‘’Biarpun itu pondok saya, saya gunakan untuk masyarakat. Silahkan digunakan gratis,’’ kata wali kota, Kamis (28/3).

Berbagai kegiatan pun mengemuka. Seperti 1.000 khataman Alquran, pembinaan dai kecil, pembinaan khotib Jumat, pengajian-pengajian, dan lain sebagainya. Bahkan, wali kota menyilahkan digunakan untuk berkegiatan yang sifatnya pribadi masyarakat. Seperti melangsungkan prosesi ijab qobul dan lainnya. Wali kota berharap hadirnya pondok bisa membantu masyarakat.

‘’Jadi ini untuk kegiatan sosial bukan bisnis. Yang sifatnya bisa membantu masyarakat yang mengalami kesulitan, silahkan itu digunakan. Misalnya untuk ijab qobul,’’ ujarnya.

Masyarakat cukup menghubungi Yayasan Abi Bahrun yang juga berlokasi di pondok. Bisa juga lewat wali kota untuk kemudian didisposisikan ke yayasan. Namun, tentu wajib menyesuaikan jadwal pondok yang sudah berjalan. Wali kota menyebut tidak ada iuran apapun dari memanfaatkan pondok. Semua sudah di-cover dari pihak yayasan.

‘’Ini untuk masa depan anak-anak, untuk kegiatan lansia, dan juga masyarakat. Kita siapkan untuk itu. Saya gratiskan untuk tabungan saya di akhirat,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)