Kota Madiun Raih WTP 7 Kali Berturut, Juga Tercepat Ke-3 Nasional




SIDOARJO – Kota Madiun kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jatim. Predikat WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023 ini merupakan yang kali ketujuh secara berturut. Menariknya, diraihnya WTP ini juga yang tercepat di Jawa Timur sekaligus yang ketiga di tingkat nasional.

‘’Sejak mendapatkan amanat memimpin kota ini saya memang berkomitmen untuk mewujudkan Kota Madiun yang bersih berwibawa menuju masyarakat sejahtera. Alhamdulillah, hari kita meraih WTP lagi. Ini membuktikan bahwa kota kita memang bersih secara penggunaan anggaran,’’ kata wali kota, Kamis (28/3).

Kota Madiun bukan kali pertama menjadi yang tercepat dalam urusan predikat WTP. Setidaknya, dalam lima tahun berturut, Kota Madiun selalu meraih menyerahkan Laporan Keuangan Daerah (LKD) yang pertama di Jawa Timur. Selain itu, juga selalu masuk urutan kelima tercepat secara nasional untuk urusan WTP. Yakni, urutan tercepat kelima untuk WTP 2019 dan 2022, tercepat ketiga nasional untuk WTP 2020 dan 2023, dan urutan WTP pertama nasional di tahun 2021 silam.

‘’Kota kita cepat tetapi juga akurat. Kita tidak hanya tercepat di Jawa Timur, tetapi selalu masuk lima besar nasional,’’ jelasnya.

Kota Madiun memang selalu menyerahkan LKPD diawal-awal waktu. Setiap pemerintah daerah memang wajib menyerahkan laporan keuangan maksimal tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Tahun ini, Pemerintah Kota Madiun sudah menyerahkan LKPD di bulan pertama. Bahkan pernah di minggu pertama awal tahun. Alhasil, LKPD juga lebih awal diperiksa BPK. Wali kota menyebut biarpun penyerahan LKPD tercepat, bukan berarti penyusunan tidak serius. Buktinya, Kota Madiun berhasil meraih WTP lagi tahun ini.

‘’Ini juga berkat sinergitas yang baik antara semua pihak. Artinya, ini bukan prestasi saya semata. Ini prestasi kita bersama,’’ pungkasnya. (ney/agi/madiuntoday)