Sawah Di Kota Madiun Segera Panen, Bantu Jaga Stabilisasi Harga Beras Di Pasaran




MADIUN – Ratusan hektare lahan padi di Kota Madiun diperkirakan segera panen pada Maret dan April 2024.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun Totok Sugiarto, Kamis (28/3).

‘’Maret ini ada 52 hektare dan April nanti 520 hektare. Sehingga, total ada 572 hektare sawah kita yang akan panen,’’ ujarnya.

Jika berhasil, maka hasil panen akan turut menjaga stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok di pasaran. Khususnya, beras yang belakangan mengalami kenaikan harga signifikan.

Menurut Totok, per hektare sawah mampu menghasilkan beras sekitar 6,8 ton. Sehingga, jumlah total beras yang bisa dihasilkan dari sawah di Kota Madiun mencapai 3.853 ton.
''Kemungkinan produksi padi tahun ini akan semakin baik,'' ungkapnya sembari menyebut lahan padi terbanyak berada di Kecamatan Kartoharjo. Yakni, 376 hektare.
Prediksi peningkatan produksi beras inipun bukan tanpa alasan. Menurut Totok, penggunaan pupun non-kimia menjadi salah satu faktor pendukung. Hal ini pula yang gencar dilakukan oleh DKPP agar petani mengurangi penggunaan pupuk kimia. ‘’Termasuk, penggunaan pestisida,'' tandasnya. (Rams/irs/madiuntoday)